Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Pertanyaan yang (sepertinya) tak mampu aku jawab

Akhirnya, muncul juga sebuah pertanyaan yang begitu ingin aku hindari. Pertanyaan yang akan menyakitkan dan menimbulkan perih jika itu terlontar, pertanyaan yang jika aku menjawab “ya”, merasa seperti pengkhianat saja. Tapi, jika aku jawab “tidak”, sepertinya aku menjadi makhluk Tuhan yang kejam. Jadi Allah Yang Maha Baik, apa yang harus aku jawab jika abang dan adikku bertanya lagi, “Gimana kalo kita ijinkan ayah nikah lagi? Ini  adalah tahun ke-6 emak pergi. Untuk seorang laki-laki, itu cukup berat. Dan 6 tahun bukan waktu yang singkat untuk laki-laki sesehat ayah meski umurnya sudah mencapai 61 tahun. Saat ini ayah memang sangat sehat (Insya Allah akan terus begitu), tapi kalau ayah sakit, siapa yang akan mengurusnya? Pikirkan lagi soal itu!”

Duh Allah, kenapa setiap kali pertanyaan itu muncul, hatiku serasa diiris silet tajam, perihhh….sekali. Aku ingat emak, senyumnya, marahnya, matanya, candanya, sayangnya, cintanya, semuanya. Dan jika mengingatnya, hati ini terasa jauh lebih perih, seperti luka yang ditaburi garam. Apakah saya akan menjadi anak durhaka  jika tak mengijinkan ayah mempunyai pendamping lagi? Apakah saya rela jika ada perempuan lain yang jadi bagian dari hidup ayah selain emak? Apakah saya bisa membiarkan perempuan itu (siapapun dia) berlalu lalang didepan saya tanpa melihatnya sebagai musuh dan penganggu? Apakah saya bisa merelakan dan iklas menerima semua itu?

Allah, kali ini saya tak mampu menjawab pertanyaan itu dan mengiyakan permintaan mereka. Aku hanya sempat mengucapkan sebuah keegoisanku, “Silakan kalau kalian mengijinkan ayah menikah lagi. Tapi satu hal yang aku mau, kalau pun ayah menikah lagi, jangan pernah ganggu wilayahku!”

Tinggalkan Balasan

