Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Buku Latihan dan Evaluasi

Minggu lalu, seperti biasa pada malam-malam tertentu mengajar les di rumah Echa, anak laki-laki tetanggaku kelas 5 SD. Pada malam itu yang seperti biasa harus didahului dengan muka cemberutnya yang malas belajar kami memulai belajar IPS. Dia menyerahkan buku Lateva (Latihan dan Evaluasi) IPS untuk kelas 5 sekolah dasar.

Membuka halaman demi halaman, sampai pada satu halaman tentang Pendudukan Jepang di Indonesia. Kami mulai dengan membaca wacana yang ada dihalaman atas dan kemudian akan dilanjutkan dengan mengisi latihannya. Tapi kali itu, tak segampang biasanya. Karena ketika dimulai pada paragraf pertama, aku sudah terkejut dengan satu penjelasan tentang Jugun Ianfu” (pemuas nafsu tentara Jepang). Dan pada bagian latihannya ada sebuah pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan Jugun Ianfu?”. WTF!!!!!!!!!!!!!

Jugun ianfu (従軍慰安婦) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada wanita penghibur yang terlibat dalam perbudakan seks selama Perang Dunia II di koloni Jepang dan wilayah perang.

Jugun ianfu merupakan wanita yang dipaksa untuk menjadi pemuas kebutuhan seksual tentara Jepang yang ada di Indonesia dan juga di negara-negara jajahan Jepang lainnya pada kurun waktu tahun 1942-1945.

Come on, itu buku latihan untuk anak kelas 5 Sekolah Dasar!!! Dan kelas 5 SD sudah diajarkan apa itu pemuas nafsu??? Tak ada lagikah bahan ajar yang bisa diajarkan kepada siswa kelas 5 SD tentang penjajahan Jepang??? Haruskah tentang Jugun Ianfu?? Kalau memang begini bahan ajar untuk Sekolah Dasar, maka tak perlu heran kenapa anak smp bisa kehilangan perawannya. Bagaimana tidak, kelas 5 SD sudah diajarkan tentang “PEMUAS NAFSU”.

Saya minta kepada Dinas Pendidikan terkait, untuk memeriksa buku LATEVA SD KELAS V Penerbit ARYA DUTA DEPOK. Dan untuk selanjutnya diharapkan, sebelum buku diedarkan ke sekolah-sekolah seluruh Indonesia diperiksa secara menyeluruh dan hati-hati. Dan dipertimbangkan apa bahan ajar yang pantas untuk diberikan kepada siswa-siswa dengan grade tertentu.

Iklan

One response to “Buku Latihan dan Evaluasi

  1. Nesia! 17 Februari 2009 pukul 10:22 am

    Soal teknologi, kita boleh tertinggal. Tp soal yg satu itu, kita maju kali!

    nah itulah yg bikin aku gak pernah ngerti. kenapa org2 yg mestinya bisa mengerti malah gak ngerti apa2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: