Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Sosialisasi dan Workshop Direktorat SIPLK Depkominfo+Ketemu Enda Nasution :)

Hari ini jadi juga ikutan sosialisasi dan workshop dari Depkominfo. Berangkat dari kampus bareng si bos Ogenk. Setelah mempersiapkan ruanganku dan anak-anak SMP masuk untuk praktek, aku pergi. Numpang di motornya Ogenk. Biar cepat aja. Sebenarnya, kalau sesuai jadwal acara dimulai jam 8.00. Tapi memang, jam di Indonesia beda, sekitar jam 8.30 kami sampai di Grand Angkasa Hotel ternyata masih ada yang baru registrasi ulang. Hehehe….karet….

Selesai registrasi kita masuk ke Ballroom, tempat acara pembukaan dimulai. Dan kalau pergi dengan Ogenk; seminar, workshop atau acara resmi/tak resmi apapun, selalu mencari tempat duduk di depan. Dan kali ini juga begitu. Dengan pe-denya dia mengajakku duduk di barisan kedua dari depan. Dan kalau sudah begitu, mau tak mau aku harus nurut. He’s still the boss.

Posisi duduk sudah dapat, Ogenk keluarkan laptopnya dan kita mulai setting wireless. Hotspot tersedia dan gratiss….kita paling suka yang gratisan. Tak lama acara dimulai. Biasalah, kata sambutan dari ketua panitia, sambutan dari Dirjen dan yang mewakili Gubsu yaitu Bapak Edy Sofyan. Asik bener pejabat yang satu ini. Mirip bosnya. Acara seperti ini dibuat santai dengan celutukan dan candaan segar diruangan yang dingin itu. Mantap lah. Kalau semua pejabat seperti ini, dijamin kata sambutan tak lagi begitu membosankan.

Setelah acara dibuka, dimulailah sosialisasi oleh para pejabat dari Depkominfo. Tentang Open Source tentu saja. Karena memang sudah waktunya kita menghentikan ketergantungan pada produk jendela. Karena Undang-undang Hak Cipta juga sudah digalakkan dan memang diakui bahwa produk Open Source juga sangat aman. Tetapi memang, ini cuma masalah kebiasaan saja. Karena sudah bertahun-tahun produk Jendela menguasai pangsa pasar Indonesia, dan masyarakat juga sudah begitu terbiasa dengan user friendly-nya. Termasuk aku. Makanya, ketika Ogenk menawarkan sebuah Open Source dan “memaksa” para awak Lab. Komputer meninggalkan produknya om Bill Gates, aku semangat untuk mulai belajar. Dan Ubuntu Interpid Ibex menjadi pilihan. Yaah, walaupun harus belajar dari awal lagi, tak mengapa.  Harus belajar menginstall, update dan mencari tau lebih banyak lagi soal Ubuntu dan Linux. Dan hasilnya, sekarang sudah mulai sedikit kenal dengan terminal dan beberapa perintahnya.  Dan masih akan terus belajar lagi.

Sambil mendengarkan para pembicara, tetap….travian… Kontrol desa tetap tak boleh terhalang meski ada acara penting. Dan sekarang Ogenk juga sudah tertular virus travian. Hehehe…….asik kan boss, mainan travian. Nggak jadi di blok deh. Syukurlah si boss akhirnya sadar juga bahwa travian itu emang mainan paling asik.

Selesai makan siang, acara dilanjutkan lagi. Dan ini adalah acara yang paling ditunggu-tunggu. Aku maksudnya. Karena pembicara kali ini adalah Enda Nasution, bapak blogger Indonesia. Wuiihhh….ketemu seleb saya. Yaa…walaupun seleb dunia maya, dan yang ngeh kalau beliau seleb adalah orang-orang yang memang akrab dengan blog sajalah. Tak mengapa pak, I’m your fans, hehehe….

Seriuslah mendengar paparan beliau tentang blog dan wikipedia. Pantaslah memang kalau menyandang gelar bapak blogger Indonesia. Apa yang disampaikan sangat jelas dan membuatku semangat untuk terus nge-blog. Meskipun ada beberapa yang katanya “tokoh” tertentu bilang bahwa blog itu untuk orang-orang pengecut yang kurang kerjaan, blog adalah tempat sampah. Tapi buatku, blog adalah tempat aku yang tak pede ini belajar menulis dan bertemu banyak orang-orang yang asik-asik, menemukan pengalaman orang lain melalui tulisan-tulisannya dan juga pencerahan, seperti blognya bang Toga (hehehehe….).

Selesai Enda Nasution memberikan penjelasan tentang blog dan Wikipedia, maka acara untuk hari ini selesai dan akan dilanjutkan besok. Dan, akhirnya urat norakku muncul lagi. Dengan diledekin Fachrid dan Ogenk, aku mendatangi beliau dan bilang,
“Maaf pak, saya boleh norak?”
“Ya, kenapa?” jawab Enda.
“Saya mau minta tanda tangannya. Kan bapak seleb didunia maya,” kataku sambil tertawa dan menyerahkan buku untuk kemudian ditandatanganinya. Cihui….
Sambil tertawa pak Enda menandatangani bukuku, lalu berbincang sedikit tentang blog.

Sambil tertawa aku mendatangi lagi Ogenk, Fachrid dan Arif yang sedang menemui panitia pelaksana untuk meminta soft copy dari pembicara tadi. Dan mereka langsung meledek, “Udah? Nggak sekalian minta foto?” Hayaaahhh…aku lupa. Lagi aku mendatangi Enda yang sedang berfoto juga dengan beberapa peserta. Setelah aku lihat beliau sedang membereskan laptopnya, aku mendatangi dan bilang,
“Maaf pak, saya boleh norak lagi?” Dia tertawa,
“Kenapa?”
“Mau foto sama bapak.” Hehehehe….kali ini beliau tak bisa menahan tawa. Aku juga. Lalu take a picture.

Asli, norak kali hari ini. Siapa yang tak norak coba kalau bertemu seleb. Dan selesai foto, aku minta beliau untuk terima link-ku dan aku akan me-link blog beliau ditempatku. Tak pedulilah kalau hari ini diberi judul NORAK. Lagian, kata Ogenk ada lagunya kok, “Norak-norak Bergembira”, hehehehe. Satu lagi, kopi yang disediakan ketika break time, ennaaaakk….kali. hehehehe…nggak ada hubungannya emang.

dengan enda nasution

dengan enda nasution

Iklan

2 responses to “Sosialisasi dan Workshop Direktorat SIPLK Depkominfo+Ketemu Enda Nasution :)

  1. Nesia! 1 Maret 2009 pukul 7:29 pm

    Sbnrnya, Enda jg mau minta tanda tanganmu itu kurasa….

    bah…jangan membuat fitnah lah bang toga. yang nggak mungkin kali lah. apa kata dunia…….

  2. ArieL, FX 5 Maret 2009 pukul 5:14 am

    wah..

    domisili dimana mbak?

    gabung di bloggersumut yukk..

    thx.. 😀

    saya di medan nih. ASLI!! hehehe….bloggersumut ya…gabung jugalah. saya daftar sekarang ya……
    thanks kunjungannya… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: