Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Install D-Link G520

Karena kebiasaanku yang suka penasaran, sok tau dan utak atik padahal gak ngerti sama sekali, akhirnya hilanglah tampilan Desktop Ubuntu 8.10-ku di kantor dengan sukses. Tadinya cuma mau meng-uninstall php dan menginstall ulang XAMPP. Tapi berkat kesoktauan tanganku, akhirnya hilanglah beberapa lib yang seharusnya tak boleh diuninstall. Dan hasilnya, Ubuntu-ku cuma bisa menampilkan mode text. Hehehe….rusak dengan sukses.Lalu, seperti biasa. Buat pengaduan ke Mr. Ogenk, my boss. Dan usulnya adalah “INSTALL ULANG!” lalu menyerahkan DVD Superubuntu 8.10-nya. Tapi, waktu aku ke Fachrid dan meminjam DVD-Rom, dia menawarkan sesuatu yang lebih menarik. UBUNTU 8.10 ULTIMATE EDITION. Tampilan Desktop nya dijamin lebih keren. Dan programnya lebih lengkap.

Weaks, yang bener? Okey, kita coba yang ini. Dan akhirnya, sambil menunggu dosen yang akan sedang melakukan praktek di ruanganku, aku Install Ubuntu 8.10 Ultimate Edition di PC. Dan……ta…da……akhirnya… Nggak salah memang rekomendasi Fachrid. Yang ini jauh lebih lengkap dari Superubuntu. Dan mulailah, serasa nemu mainan baru, jadinya diutak atik lagi…hehehe….nggak jera juga. And then, mulai coba koneksi internetnya. Klik Wired Connection-nya, but,,,,what the hell!!! Wireless-nya tak terdeteksi….hayahhhhhhhh………………………… Ini yang gawat. Menjalani hari-hari tanpa sambungan internet lagi???? Hell NO!!! Jangan lagi lah.

Tak bisa menyelesaikan ini. Coba NDISWRAPPER, tak berhasil (lebih karena tak tau cara makenya…:P). Lalu hardware test, karena biasanya kalau kasus wireless itu bisa diselesaikan disitu, tapi tetap tak bisa. Karena tak ada terdaftar disitu drivernya. Mulai lagi cari-cari info melalui Paman Google tentang bagaimana menginstall D-Link wireless di Ubuntu 8.10. Tak berhasil. Coba dipindahkan slotnya, sesuai saran Mr. Ogenk. Tetap tak berhasil!! Grrrrhhhhhhh………………..!!!!!!!!!!!!!! Bagaimana ini.

Besoknya, dicoba lagi. Coba lagi. Dan lagi, dan lagi. Tak berhasil juga!!!!. Mulai terpancing.

Dan akhirnya tadi, sambil menunggu Fachrid yang lebih susah mencari dia daripada Presiden SBY, aku iseng ke ruangan Maintenance. Sambil menunggu, aku minta driver Wireless D-Link 520 untuk Linux. Cari-cari di folder tempat Fachrid biasa menyimpannya, dan dapat. Lalu, balik lagi ke ruanganku, dan mulai lagilah, mengutak-atik sesuatu yang sebenarnya tak aku kuasai. Hehehehehe….

Jadi, setelah dapat driver-nya, mulailah mencoba-coba lagi. Try and error, berharap kali ini tak error! Sambil membaca Bismillah, aku mulailah mencoba meng-install Wireless D-Link g520.

  1. Unzip file yang sudah di download dari sini
  2. Masuk ke System
  3. Lalu klik Administration
  4. Kemudian pilh Windows Wireless Drivers
  5. Trus klik Install New Driver dan browse driver dengan meng-klik gambar folder disebelah kanan.
  6. Pilih Folder dwlG520
  7. Trus pilih folder Driver dan pilih folder 2KXP
  8. Dan klik NetA3AB.inf
  9. Kemudian klik Install
  10. Kalau pada kotak sebelah kiri muncul tulisan seperti ini :
    neta3a
    Hardware preset : Yes
    Maka driver sudah terinstall
  11. And then,  Klik Configure network untuk mengatur setting wireless
  12. Finally klik Close
  13. Sekarang, di wired network connection-ku sudah muncul sinyal wireless yang bisa dipilih, dan mulailah bertravian kembali
  14. Alhamdulillah hehehe….

Sederhana yak, jadi ini tak bisa disebut tutorial. hanya sekedar percobaan yang ternyata cukup mengejutkan, berhasil juga. Just try and error, kalau nggak seperti ini, aku mungkin tak akan tau cara menginstall wireless.

dsc00428

Oh iya, satu lagi.  HARI INI NASYWA AZ-ZAHRA, KEPONAKAN TERCINTAKU ULANG TAHUN. 4 TAHUN SUDAH, CAHAYA HIDUP KAMI BERSINAR MEMENUHI KEHANGATAN HATI KAMI. 4 TAHUN SUDAH BUNGA ITU MENJADI KEGEMBIRAAN YANG MENGHIASI KEBUN SEDERHANA HIDUP KAMI. DAN SEMOGA KEBAHAGIAAN SENANTIASA MENAUNGI HIDUP WAWA SELAMANYA. AUNTY MENDOAKAN SELALU UNTUK WAWA. SELAMAT ULANG TAHUN NASYWA AZ-ZAHRA, SANG BUNGA KEGEMBIRAAN.

dsc002751

2 responses to “Install D-Link G520

  1. handz106 9 April 2009 pukul 4:10 pm

    Wir …. D-Link G520 kan pake chipset Atheros …. ngapain pake ndiswarpper … cari aja di repo ubuntu dgn kata kunci madwifi utk mendapatkan driver-nya. Di opensuse, DLink G520 bisa jadi access point …. di ubuntu bisa ?

    gitu ya…tapi gak tau kenapa nih, Ultimate Edition gak mau nyambung ke repo. udah coba di update, gak bisa jg.Ntah aku yg salah install atau cemana gak tau jg.driver-nya udah oke sih. udah bisa internetan lagi kok.caranya ya aku pake yg itu. klo access point, blm tau bisa atau gak. bukan blm pernah nyoba, tapi gak tau gimana caranya…maklum, newbie😀

  2. handz106 13 April 2009 pukul 7:07 pm

    yah Wirda ini cem mana sih …. donlot aja paket deb madwifi, install pake perintah sudo dpkg -i madwifi.deb trus klo ada depedensi, donlt juga depedensinya. Kan mudah .. powerful lagi… have a lot of fun..

    hehehe…dah telat bang kasi taunya. mestinya pas kemaren aku lg pusing2nya. cuman ya itu, nyari bang Taufik lebih susah dari nyari presiden SBY. jadinya ya try and error ajalah😀. eh mlh berhasil wkwkwkwkw…..ini mgkn ya yang namanya beruntung itu😛
    btw, thanks inputnya. dicatat, diingat dan dipraktekkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: