Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Install Driver SiS771/671 di Ubuntu 9.04

Hari Minggu kemarin, ditengah panas membaranya cuaca Medan dengan suhu sekitar 31 derajat Celcius yang aku lihat dari panel Ubuntu 8.10-ku, aku coba update Intrepid Ibex yang memang sudah beberapa hari ini nggak update. Dan demi melihat satu kalimat Upgrade to Jaunty Jackalope di jendela update-ku, langsung berniat meng-upgrade 8.10-ku ke 9.04. Kayaknya seru juga. Lagian Ogenk dan Fachrid juga udah punya DVD Jaunty yang terbaru. Daripada nunggu mereka, mending upgrade sendiri.

Dari jam 12 siang, sampe jam 6 sore baru selesai upgrade-nya. Wayaaahh…..jebol juga neh tagihan speedy-ku. Tapi tak apa, demi ilmu pengetahuan (halaaahhh…..) dan lebih mengerti soal Linux, nggak apalah. Dan selesai upgrade, niatnya mau langsung main-main di Jaunty. Tapi, what the hell…… itu tampilan layar Axioo-ku udah kayak layar tancap aja. besar kali. Gimana nggak, resolusinya 800 x 600. Tak bisa diperkecil lagi. Waduuh….mana nyaman main-main kayak gini. Berhubung cuaca panas dan udah benar-benar capek, akhirnya aku tunda menginstall driver VGA-nya

Semalam, masih terserang penyakit susah tidur, aku coba lagi mencari tau gimana menginstall driver Sis 771/671 VGA di Axioo-ku. Dan ternyata bukan masalah gampang. Karena setelah aku cari-cari rekomendasi dari para ahli di dunia maya yang sudah lebih dulu bermain-main di Linux, kenapa tampilannya masih nggak karuan ya…

Dari setengah 11 malam, sampai jam 2 pagi, masih belum bisa juga.Β  Kondisi capek fisik dan otak ternyata mendatangkan kantuk juga. Setelah say good nite dengan tuan muda, bisa tidur juga, walau otak masih terus mikir, gimana caranya ya……

Paginya, sampai lab langsung lah dimulai pencarian. Gimana caranya menginstall driver VGA sialan ini dan membuat mataku nyaman dengan tampilan yang jauh lebih kecil. Situs demi situs aku buka. Forum demi forum aku cari. Dan akhirnya….. bertemu juga dengan salah satu situs yang dengan nekadnya aku buka. http://ncc-1701a.homelinux.net/~linux-sis/downloads. bertemu dengan salah satu driver yang setelah aku baca deskripsinya dan aku pikir akan cocok dengan driver VGA ku dan langsung saku download file xorg-driver-sis671_0.9_i386.deb. Setelah aku download langsung aku coba install.

$ sudo dpkg -i xorg-driver-sis671_0.9_i386.deb

Tapi pesan aku yang dapat, bukannya sukses, malah bentrok dengan xserver-video-sis671 yang kemarin aku coba install yang filenya aku dapat dari situs yang aku baca soal install SiS 771/671 ini. Berkali-kali aku coba, tapi pesannya tetap sama.

Jadi, aku coba langsung ke System –> Administration –> Synaptic Package Manager dan mencari file xserver-video-sis671 dan langsung di- remove.

Kemudian aku coba lagi

weirda@weirda-laptop:~$ sudo dpkg -iΒ  xorg-driver-sis671_0.9_i386.deb

Lalu di-restart dan masuk ke ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope-ku. Dan. Akhirnya, I did it. Alhamdulillah. Tak ada lagi pesan-pesan gagal seperti sebelumnya. Aku bisa langsung masuk ke Desktop. Dan kemudian diaturlah resolusi layarnya.

System –> Preference –> Display
Dan memilih resolusi 1280 x 800 (16 : 10) dengan refresh rate-nya 75 Hz. Dan sekarang, tampilan ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope-ku jadi jauh lebih nyaman.

ps : driver bisa jg di-download dari sini

Iklan

6 responses to “Install Driver SiS771/671 di Ubuntu 9.04

  1. boeding 26 Mei 2009 pukul 6:58 pm

    open Source emang mantap ya…

    weissss….mantap kali pun….dan yg paling seru adalah….gratissssssnya itu
    hehehehe

  2. Prabu Dian Sori 27 Mei 2009 pukul 9:45 am

    Nanggung ga bisa tidur. sekalian aja begadang dan ngeronda bang.. :d

    hehehehe…..ini udah sering begadang ngga. cemanalah…kebiasaan buruk yg udah jadi hobi πŸ˜€

  3. starwrite 31 Mei 2009 pukul 1:06 pm

    Gak ngerti soal linux..

    sebenarnya aku jg. jadinya masih belajar terus jg.

  4. aris 1 Juli 2009 pukul 9:47 pm

    compiz nya tetep ga bs ni mas?

    setelah browsing kemana2, sampai terakhir tulisan ini dibuat ternyata memang untuk Sis nggak bisa compiz. blm ada driver 3D untuk Sis. jadinya di Sis nggak bisa compiz. sayang ya, padahal compiz itu yg bikin org2 tertarik dgn ubuntu. karena komputer kantor yg pake Intel, compiz-nya sukses dan org2 suka liatnya….bisa pamer lah hehehe… πŸ˜€

    btw, saya perempuan mas πŸ˜€

  5. aris 1 Juli 2009 pukul 10:13 pm

    oooo…sory mbak saya qra cowo,,abis nya dah pusing ni dr semalem cari settingan display vga SIS

    iya sayang bgt ga bs compiz,,padahal tmn2 ku tertarik pake ubuntu karna compiz nya…..

  6. aris 1 Juli 2009 pukul 10:14 pm

    oiya….thanks ya atas postingan nya….

    mudah2an nanti2 setelah tau kesulitan Sis dengan ubuntu, pihak sis mau riset lg supaya sis bisa pake compiz.

    terima kasih kembali. saya jg senang klo tulisan saya dibaca dan ternyata ada manfaatnya πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: