Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Tentang Dunia Maya(ku)

Perkenalanku dengan internet termasuk terlambat. Dimulai ketika aku masih di semester pertama setelah 2 tahun lulus SMA tahun 2000. Ada sedikit rasa malu ketika itu, dikarenakan adikku yang baru kelas 2 SMK sudah mengenal internet terlebih dahulu, sementara aku yang tercatat sebagai seorang mahasiswa Teknik Sistem Komputer baru kenal internet cuma dari  tulisan-tulisan di tabloid, koran dan buku saja. Sementara pada prakteknya, aku sama sekali tak tau, bagaimana menggunakan internet itu.

Akhirnya, dengan ditemani adikku pada suatu Minggu sore, aku nekad mendatangi sebuah warnet yang tak jauh dari rumahku. Pengetahuan tentang internet yang nol dan terkesan nekad, aku berhasil juga membuat sebuah email yang waktu itu aku menggunakan yahoo.uk. Tapi lupa alamat lengkapnya. Dan pertama kali menggunakan internet itu aku berhasil juga menggunakan fasilitas MIRC, dan girangnya minta ampun, karena bisa berkomunikasi dengan orang-orang dibelahan dunia lain, tanpa batas.

Dan buatku, yang waktu itu berstatus sebagai mahasiswa Teknik Komputer, yang benar-benar baru mengenal internet, membuatku malu. Karena, mestinya aku sudah tau banyak. Akhirnya, berbekal nekad, keingintahuan, rasa penasaran dan didukung kondisi keuangan yang pas-pasan, aku bertekad untuk bisa mengenal lebih jauh lagi tentang penggunaan internet. Dan hasilnya, dengan cara otodidak dan banyak membaca, dalam waktu sebulan akhirnya aku mulai mengerti tentang browsing, membuat ulang email dengan yahoo.com, chatting di Yahoo!Messenger dan mencari tau berbagai informasi lain. Norak-norak bergembira. Hehehee….

Dan sekarang, setelah 9 tahun berlalu, buatku internet sudah menjadi seperti kebutuhan primer. Setiap hari aku selalu ada dibelantara hutan cyber. Menjelajah, bertualang, mencari tau. Bermain di halaman rumah Paman Google, menjelajahi labirin cyber dan mengetahui setiap kejadian diberbagai belahan dunia hanya dengan bermodalkan klik! Apalagi sekarang aku baru mulai belajar tentang Linux dan menggunakan distro Ubuntu, yang dalam setiap update dan install program membutuhkan internet untuk terhubung ke repository, internet benar-benar menjadi kebutuhanku setiap hari.

Mungkin, menurut orang-orang internet menjadikanku antisosial. Karena setiap hari hanya memelototi layar 15″ itu, seolah tak peduli dengan lingkungan sekelilingku. Tapi, mereka tak sepenuhnya benar. Karena melalui Yahoo!Messenger aku mengenal orang-orang yang beberapa dari mereka sampai hari ini masih terus berkomunikasi. Fahru, seorang kawan yang berasal dari Tanjung, satu kabupaten di Banjarmasin; mbak Rin dari Surabaya, Yadi dari Lampung dan beberapa lagi. Ada juga pertemanan yang terjalin ketika bermain Travian, bergabung di satu aliansi, bertukar email dan Y!M dan akhirnya bertemu dengan Siti, salah satu kawan yang aku temui diarena perang Travian. Lalu dengan little ucrit, bang toga, dan beberapa blogger lain. Dan sebagai fenomena saat ini, Facebook mempertemukan aku lagi dengan Joko, teman SMP-ku, mbak Dian, teman kuliah, Dhani, Edo, Yulia, Kak Desi, Inda teman-teman kerjaku dulu. Dan internet dan blog juga memungkinkan aku menjadi teman Enda Nasution, hehehehe….

Tak pernah merasa malu kalau mengingat lagi, bagaimana begitu bodoh, tolol dan noraknya aku ketika pertama kali bersentuhan dengan internet, memulai email, MIRC dan Y!M. Karena hasil yang aku dapat sekarang membuatku bisa menggali begitu banyak informasi tak berbatas didalam mayanya sebuah dunia baru yang berjudul internet.

4 responses to “Tentang Dunia Maya(ku)

  1. Luka? 5 Juli 2009 pukul 6:42 pm

    kok link diriku, dirujuk ke luka itu sih? huahahahaha…

    huehehheheh..maaapppp…..kesalahan teknis dan kesalahan klik waktu menulis itu 😀
    harap dimaklumkan lah

  2. silly 19 Juli 2009 pukul 1:54 pm

    Dan juga akhirnya mempertemukan saya dengan mbak. Boleh kenalan? 😀 *sodorin tangan*

    *ngelap tangan sampe bersih dan menyambut tangan yg disodorin* boleh bgt mbak,,,seneng didatengin yg punya blog mantap 😀 sering mampir disana, tapi ntah kenapa gak pede ninggalin jejak….makasih kunjungannya….saya link ya mbak 😀

  3. Ippen 22 Juli 2009 pukul 1:35 pm

    jadi inget waktu awal ngeblog sampai mempertemukan gue sama penulis novel di dunia maya sampai akhirnya ke pelaminan 🙂

    • weirdaft 22 Juli 2009 pukul 2:07 pm

      hueheeheh……internet memang fungsi yg meng-global ya….FYI, saya ketemu tuan muda jg di ranah internet, dari maya sampai nyata jg, in front of me :D…berharap semoga kisahnya sama dgn mas Ippen :))

      terima kasih sudh mampir…

Tinggalkan Balasan

