Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Faktor X

xfiles

Saya percaya pada Faktor X. Sama seperti Don Clericuzio dan para Don lain ciptaan Mario Puzo yang selalu mengatakan “Pada akhirnya takdirlah yang menentukan segalanya. Semua orang boleh berenang dan tenggelam sampai ke dasar lautan. Semua orang bertanggung jawab atas setiap perbuatannya”.

Nah, seorang Godfather yang ketika melaksanakan kekuasaannya juga percaya takdir kok. Apalagi saya. Buat saya, meski pun kita punya rencana paling sempurna, proses yang menakjubkan dan cadangan-cadangan rencana, tetap saja hasil akhirnya juga pasti Ada Yang Menentukan. Dan pastinya, bukan kita yang menentukan hasil akhir.

Saya suka sekali dengan kalimat Deddy Mizwar di sinetron Para Pencari Tuhan kemarin pada Chelsea yang sedang patah hati karena Marni akan menikah dengan orang lain. “Sekarang waktunya lu istirahat, biarkan Allah yang memutuskan”.

Memang seperti itu seharusnya, kan? Ketika segala rencana sudah dibuat dan dilaksanakan, hasilnya kita juga harus menunggu keputusan Sang Empunya Hasil Akhir, kan? Ketika keputusan juga sudah dijatuhkan, maka kita tinggal menunggu Sang Pemilik Segala Ketentuan juga, kan?

Pendeknya, kita nggak akan pernah lepas dari Faktor X. Seyakin apapun kita dengan segala rencana, segala proses, sesempurna apapun yang ada di logika kita, tetap aja kita nggak boleh melupakan Faktor X itu.

Begitu juga saya. Sekarang ini, pada proses yang sedang berjalan ini, saya yakin bahwa rencana dan proses ini sudah cukup meyakinkan saya bahwa proses yang sedang berjalan ini berakhir baik. Tapi kemarin, saya dikejutkan oleh pikiran saya sendiri, bahwa sesempurna apapun proses ini. Seyakin apapun menjalani proses ini, jika Allah yang punya kehendak meng-cut perjalanan proses ini, toh saya nggak bisa bilang apa-apa.

Jadi, mulai sekarang, selain berencana, saya juga akan membiarkan Allah memutuskan apa yang akan terjadi kelak. Sebagai hambaNya yang selalu meminta, saya nggak punya hak merubah ketentuan yang sudah digariskanNya sejak awal penciptaan.

Tinggalkan Balasan

