Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Lelaki Tangguhku

read90Saya tau, bahwa apa yang selama ini saya lakukan tak akan sempurna dihadapanmu. Saya tau, sekeras apapun saya berusaha, sebaik apapun keberhasilan saya, tak akan membuatmu mengucapkan sepatah katapun pujian buat saya. Tapi saya tau, jauh didalam lubuk hatimu, saya menempati satu tempat di ruang dihatimu, meski ada seseorang yang sudah memenuhi hampir seluruh hatimu dan tak kan tergantikan.

Satu hal ingin selalu saya lakukan, selalu melihat senyummu. Sebesar apapun kesalahan yang saya lakukan, saya ingin selalu melihat senyummu yang menenangkan. Dibalik kemarahanmu yang terkadang begitu meninggi, saya selalu bisa melihat ketenanganmu yang selalu tau bagaimana menghadapi kekerasan saya.

Hari ini ayah, ulang tahunmu yang ke 63. Tahun keenam ayah menjalani hidup tanpa belahan jiwamu. Saya tau, belakangan ini saya berubah menjadi seseorang yang tak bisa ayah mengerti, tapi ayah tau bagaimana menghadapi saya. Bukan dengan kekerasan ayah, karena ayah tau anakmu ini bisa lebih keras dari batu. Tapi justru, kediamanmu membuat saya menjadi begitu serba salah.

Mereka (anak ayah yang lain) mungkin bisa jauh lebih membanggakan buat ayah, tapi taukah ayah, bahwa apa yang saya capai hingga saat ini adalah keinginan saya untuk membuktikan bahwa saya juga bisa melakukan sesuatu yang membuat ayah dengan bangga memperkenalkan saya, “Ini anak saya.”

Kemarin, ketika saya ngobrol dengan si boss, saya sempat bilang bahwa tugas ayah telah selesai, karena ketiga anaknya sudah bisa menyelesaikan sekolah, dari bengkel yang dibangunnya dengan kegigihan dan kerja keras. Tapi si boss membantah,

Tugas ayahmu belum selesai, karena masih ada 2 anak perempuannya yang belum menikah. Dan umurmu sudah lebih dari cukup untuk menikah. Itulah tugas yang paling berat yang belum bisa diselesaikannya kalau kau masih belum mau menikah

Ah, tentang yang satu ini, kita memang belum sepakat kan? Tapi satu hal yang begitu ingin saya untuk ayah lakukan adalah, ketika ayah dengan iklas dan senyum menyerahkan saya kepada belahan jiwa saya, kelak.

Ayah memang berbeda dari ayah-ayah orang lain. Tapi buat saya, menjadi anak ayah adalah kebanggaan buat saya. Mungkin tak mudah menjadi ayah dari anak seperti saya, tapi saya selalu ingin melakukan yang terbaik untuk ayah, dan ayah harus tau, bahwa saya sayang ayah.

Selamat ulang tahun, ayah. I love you

2 responses to “Lelaki Tangguhku

  1. gadiz 7 November 2009 pukul 10:41 pm

    membacanya membuatku menangis…..

    aq sayang ayah….

    walau aq bukan putri yg bisa kau banggakan…namun ku selalu bangga memilikimu ayah…

    terima kasih. ayah saya adalah alasan untuk saya melakukan semuanya :D. thanks udh mampir

  2. Mengembalikan Jati Diri Bangsa 17 November 2009 pukul 8:04 am

    cerita yang mengharukan, orangtua adalah sosok yang paling berjasa terhadap kita… | Mbah Gendeng | Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    πŸ˜€ makasih mbah udh mau mampir ke sini πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

