Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Belajar Menghormati Tamu

Seperti biasa, setiap semester saya dapat jadwal untuk mengajar di kampus II, di daerah yang letaknya sekitar 4 jam dari Medan dengan bus. Berangkat dari Medan jam 10.00 dan sampai di Perdagangan jam 14.00. Begitu tiba, istirahat sebentar dan langsung mengajar.

Selesai kuliah, saya yang berangkat dengan seorang kawan mulai bersiap-siap untuk ke mess, istirahat. Tapi, tiba-tiba Dedi bilang kalau mess sekarang ini ada yang menempati. Kontraktor yang dikirim dari kampus untuk perbaikan disini. 3 orang, laki-laki semua. Wuih….lah trus, kami tinggal dimana selama 3 hari ini? Ditengah kebingungan seperti itu, ada satu orang mahasiswa yang berbaik hati menawarkan rumahnya untuk kami tumpangi selama 3 hari ini.

Dan begitulah, selama 3 hari kami menginap di rumah Herman yang memang hanya tinggal berdua saja dengan ibunya. 2 orang kakaknya yang sudah menikah tinggal bersebelahan dengan mereka. Ada rasa segan ketika kami harus merepotkan mereka. Tidur dimana juga boleh, karena kami memang hanya ingin menumpang tidur untuk melepas lelah selama 3 hari ini.

Tapi, yang kami dapatkan lebih dari ekspektasi itu. Mereka, keluarga sederhana yang tinggal diperkampungan sebuah kabupaten itu benar-benar manusia yang dimuliakan Allah, karena mereka benar-benar mengerti bagaimana memuliakan tamu. Bagaimana menghormati dan menjamu tamu dengan semestinya.

3 hari yang menyenangkan bisa tinggal bersama mereka. Menikmati sepinya suasana perkampungan, suara kodok dan jangkrik diantara tetes hujan. Benar-benar seperti liburan. Berterima kasih kepada Herman dan keluarga yang telah mengajarkan kepada saya, bagaimana menghormati dan memuliakan tamu, seperti mereka menjamu kami dengan begitu baik selama 3 hari ini. Bukan hanya sekedar atas jamuan yang diberikan, tempat tinggal yang nyaman, tapi juga pembelajaran kepada saya, bahwa Allah menyukai orang-orang yang memuliakan tamu mereka dengan baik. Terima kasih.

One response to “Belajar Menghormati Tamu

  1. wongiseng 8 Desember 2009 pukul 5:37 am

    Ealah ternyata bu dosen to🙂 Baik sekali mahasiswanya. Saya tadi mampir mencari review lagunya elia bintang tapi ternyata ilang artikelnya😛

    hehehe iya mbah. memang baik sekali mahasiswa saya itu. makanya, jd ditulis disini😀 tau nih, dah 2 hari ini kayaknya blogdetik bermasalah. posting saya hilang. pas dicoba lagi, yg muncul malah separuhnya. udah email ke adminnya sih, nanya kenapa bisa kyk gini. mood saya hancur berantakan jadinya mbah😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: