Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Sepakat Untuk Kesepakatan

Jadi begini, kita sudah membuat sebuah kesepakatan, bukan? Kamu dan saya, sepakat untuk sebuah kesepakatan. Bukan sepakat untuk tidak sepakat. Bingung? Sederhana saja penjelasannya. Kamu dan saya, berhasil berdiskusi dengan kepala dingin, meski sesekali bersitegang urat leher karena masing-masing mempertahankan pendapat. Sama-sama keras kepala dan tak mau mengalah. Sampai akhirnya, kita sampai pada satu turning point yang membuat kita memilih untuk sama-sama berpegang pada satu keputusan yang diambil bersama. Keputusan yang disepakati bersama, untuk ditaati, untuk dilaksanakan.

Jika kemudian, salah satu dari kita mangkir dari kesepakatan ini, kita sepakat untuk tidak berlaku seperti penagih hutang, karena salah satu dari kita menagih janji. Tapi, apa yang kita putuskan bukan perkara mudah. Kamu, sudah mengetahui bahwa saya tidak hanya keras kepala, kepala batu atau keras hati. Tapi juga tempramental dan susah ditebak. Saya berulang kali katakan, jika kamu ingin berlalu, pergilah. Tapi berulang kali juga kamu bilang ingin tinggal.

Jadi begini, karena kita masing-masing sudah sepakat untuk terus berjalan, bisakah kamu menuruti satu saja permintaan saya yang pernah saya ajukan dan kamu setujui? Hanya satu permintaan, karena saya memang tak ingin merepotkan meminta terlalu banyak. Hanya satu.

Saya tak ingin kembali menjadi penagih hutang,  yang menagih janji. Karena ketika itu terjadi, tak ada bedanya saya dengan tukang kredit yang menagih apa yang pernah disepakati bersama ketika mengambil barang. Hati saya bukan barang yang bisa dipindahtangankan. Hati saya hanya segumpal daging, (yang terkadang menjadi “sebongkah” daging) yang rapuh, gampang terluka dan sering kali mengucurkan darah. Bisakan kamu pahami itu?

Jadi, bisakan kita sepakat untuk sebuah kesepakatan yang pernah kita ambil, tanpa saya harus menjadi penagih hutang? Bisa juga kan, kamu penuhi satu permintaan saya yang kamu setujui itu? Bisa kan?

Jadi, sepakat!!

Tinggalkan Balasan

