Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Nice First Day, Class. Thanks

Senin, setelah pamit dari kantor ijin pulang duluan, saya langsung ke kantor. Hari ini hari pertama saya masuk di kelas Database Lanjutan. Tadinya ini kelas yang membawakan Pak Aswandi. Tapi berhubung si Bapak itu jadwalnya penuh kalau hari Senin, akhirnya saya yang diminta untuk menggantikan kelasnya. Ya sudah, hari ini akhirnya jadi hari pertama saya.

Lumayan bikin deg-degan, karena biasanya saya hanya “berani” mengajar di kelas semester 2 atau 4, kali ini dipercaya untuk mata kuliah yang lebih tinggi dan kelas yang lebih tinggi. Wadduuhhh….. Awalnya sih mikir, “Semester 6? Saya ngerti tipikal anak-anak semester 6 yang punya lagak senioritas yang tinggiii. Jangan-jangan, karena tinggi badan saya yang sekian ini, mereka gak percaya lagi kalau saya yang mengajar didepan kelas.

Akhirnya, berbekal Bismillah, saya bisa juga membawakan Pendahuluan di mata kuliah itu dengan bisa dikatakan cukup baiklah. Nggak bisa dibilang sukses juga, karena saya baru bisa mengajak beberapa mahasiswa untuk ikutan aktif dalam kelas saya. Karena saya mulai ikut merasa bahwa apa yang dibilang bang Adi Sastra tentang Student Centered Learning itu ada benarnya. Lebih seru kalau mereka, para mahasiswa juga ikut serta dalam pembelajaran, jadi ada komunikasi dua arah. Saya pikir, itu akan jauh lebih membuat mereka merasa dilibatkan didalam kelas.

Dan hasil dari googling tentang SCL kemarin malam juga ternyata ada hasilnya. Mudah-mudahan sih bisa seperti ini terus. Yang aktif bukan cuma saya, tapi juga mereka. Saya cuma mau menerapkan apa yang pernah saya dapat dari dosen-dosen saya dulu yang lebih suka memberikan Studi Kasus daripada materi kuliah. Dan itu memang berhasil, karena dengan pembelajaran dengan lebih banyak Studi Kasus pasti akan lebih membangun logika berpikir. Bukan cuma mereka, tapi juga saya.

Dan semoga, satu semester ini akan jadi semester yang cukup menyenangkan buat kelas Database Lanjutan. Dan itu artinya, saya juga harus belajar lebih banyak lagi, supaya saya juga bisa memberikan lebih banyak lagi.

Thanks, Class…

2 responses to “Nice First Day, Class. Thanks

  1. venus 7 April 2010 pukul 5:03 am

    oooo…baru tau, kamu jg ngajar toh? kirain tadinya wartawan. eh bener kan ya kamu jurnalis? *bingung sendiri* πŸ˜€

    • weirdaft 9 April 2010 pukul 1:35 pm

      πŸ˜€ hehehehe…simbok sok tau….
      saya ngajar juga, tapi bukan jurnalis

      wuiidddiiihhh…rumah saya didatangi selebritis euy…. huehehehe……

      *salim*

Tinggalkan Balasan

