Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Install VGA SiS 771/671 di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

Akhirnya, setelah mendapat info dari berbagai tempat di “blue nowhere” ini, akhirnya saya beranikan diri untuk upgrade Ubuntu Jaunty Jackalope saya ini menuju sebuah tampilan ungu Ubuntu Lucid Lynx. Terlepas dari apakah tampilan monitor saya akan bermasalah atau tidak, terlepas dari apakah saya akan mencoba membiasakan diri selama beberapa hari dengan tampilan resolusi yang sebesar layar tancap, saya nekad-kan diri untuk meng-click upgrade pada Update Manager ubuntu Jaunty saya.

Saya mulai pada jam 11 lebih sedikit. Dengan asumsi bahwa upgrade ini memakan waktu yang cukup lama (pernah ada pengalaman upgrade Karmic Koala selama 6 jam lebih), akhirnya saya membiarkan laptop dan modem speedy saya menyala sampai pagi😀

Dan akhirnya memang benar seperti prediksi saya. Jam 7 lewat 20 menit keesokan paginya, Jaunty Jackalope saya berubah warna dari violet ke ungu menjadi Lucid Lynx. Dan seperti biasa, karena VGA saya berbasis SiS, dan harus menginstall drivernya karena Linux susah mengenali driver SiS secara otomatis, maka untuk sementara saya iklaskan dulu menggunakan Linux baru saya dengan tampilan resolusi 800×600😛

Berkali-kali saya googling mencari bantuan dari para pakar Linux, untuk mengecilkan resolusi monitor saya yang sebesar gajah ini (lebayyy…), dan berkali-kali juga saya cuma berputar-putar di terminal dan reboot tanpa hasil.

Dan malam ini, setelah pulang kerja yang kehujanan, dilanda rasa penasaran yang masih menumpuk, akhirnya saya mulai lagi mendeteksi ulang, kesalahan apa yang saya buat ketika saya berulang kali gagal mengikuti langkah-langkah dari ubuntu forums. Satu persatu saya ulang lagi dari awal.

Ketika sampai pada pesan VESA BIOS Extensions not detected, saya kembali mengutak atik Sypnatic Package Manager dan mencari VESA BIOS. Saya bertemu dengan grub-pc dan memperbaiki grub yang memang membuat saya menemukan banyak pesan error yang memberitahu bahwa Ubuntu tidak bisa mounting hard disk saya secara normal. Lalu saya ikuti lagi satu persatu langkah-langkah dari ubuntu forums, termasuk memperbaiki plymouth-nya.

Oke, VESA terdeteksi, tapi resolusi tak berubah sama sekali. Saya googling lagi dan menemukan ubuntu geek. Saya perhatikan satu persatu kalimat demi kalimat dan akhirnya menemukan satu pesan yang membuat saya bisa tersenyum lagi.

Pablo Ignacio says:

If after doing this your screen resolution is a mess yet, then you should do this:

~# sudo gedit /etc/X11/xorg.conf

And check in the device section if you have configured the correct driver:

Device

Driver “sis671″

If you don’t, then change it. It’s a detail, just then it worked for me.

Saya masuk ke gedit, mengganti

Driver “fbdev” dengan “sis671”.

Lalu masuk ke terminal dan mengetik

reboot

Menunggu beberapa detik, dan akhirnya resolusi Axioo TVW intel celeron saya ini normal juga. Malah, kalau sebelumnya pada Jaunty Jackalope hanya bisa sampai pada resolusi 1024 x 768, kali ini malah lebih keren. LCD Axioo saya bisa mencapai resolusi 1280 x 800. Keren juga.

tampilan setelah diperbaiki

So, thanks buat para pakar di blue nowhere yang benar-benar membantu saya menormalkan tampilan resolusi layar pada Ubuntu Lucid Lynx saya. *menjura*

PS : blue nowhere diambil dari istilah seorang hacker di novel Jeffery Deaver – Blue Nowhere

11 responses to “Install VGA SiS 771/671 di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

  1. dodi ichwana 15 Juni 2010 pukul 7:20 am

    saalamm kenal… Kunjungan persahabatan…
    kunjungi juga blog saya di ichwana.blogdetik.com dan di blog.unand.ac.id/ichwana
    terima kasih….

  2. Arsan 18 Juni 2010 pukul 6:40 am

    Thanks Untuk infonya, sangat berguna….

  3. budi 18 Juni 2010 pukul 7:18 am

    duh pusing urutannya kurang jelas boss

  4. budi 18 Juni 2010 pukul 7:24 am

    urutan nya ga jels boss install sis671 nya mohon pencerahannya

  5. weirdaft 18 Juni 2010 pukul 3:19 pm

    jadi gini. ini untuk kasus di laptop Axioo saya. urutan awalnya, ikuti aja langkah2 dari ubuntu forum yg saya link diatas. disitu jg ada sumber download driver vga-nya.
    kalau masih belum berhasil jg, ulangi langkah2 yg didapat dari ubuntu geek.
    langkah terakhir kalau masih belum berhasil juga, masuk ke xorg.conf dan edit Drivernya.

    semoga membantu

  6. badrun 24 Juni 2010 pukul 9:26 am

    Saya udah ikutin semua langkah2 nya, resolusinya sih udah oke, tapi mousenya koq motionnya sendat2 gitu ya? keyboard juga kadang detek kadang enggak. Kenapa ya?

  7. weirdaft 25 Juni 2010 pukul 2:31 pm

    coba turunin sedikit resolusinya. saya pernah jg coba resolusi yang agak tinggi sedikit, lgsg ngaruh di mouse nya

    CMIIW yak, namanya jg baru belajr😀

  8. Yohanes 20 Agustus 2010 pukul 10:30 am

    Tengkyu Gan…
    Punyaku bisa..
    Btw, SIS ga support buwat Extra Visual Effects ta?
    Kok punya ku ga bisa?
    Misal e bisa,gimana cara e?

    • weirdaft 20 Agustus 2010 pukul 11:45 pm

      sama2. senang bisa membantu gan

      klo sis emang g bisa Visual Effects. cuma itu penyesalan saya beli SiS. jd g bisa pameran klo pake compiz di ubuntu😀

      tp gpp jg sih, ada tantangannya. beda sama intel yg support hampir smuanya di linux

Tinggalkan Balasan

