Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Selamat Tahun Baru, Semoga Hijrah

Hijrah, kata yang mudah diucapkan, tapi untukku, sulit untuk dilakukan. Hijrah tak seperti pindah rumah, pun tak seperti pindah kerja. Tak sekedar adaptasi terhadap lingkungan, tapi lebih kepada diri sendiri. Apakah kita bisa menerima perubahan lifestyle kita terhadap hal-hal yang lebih baik, atau masih nyaman pada hal-hal yang kita tau dan sadar bahwa itu lebih banyak buruknya.

Rabb-ku, berjuta syukur aku panjatkan atas hidup dan kehidupan yang aku rayakan setiap detik dan helaan nafas. Berjuta syukur untuk setiap cinta yang mengalir untukku setiap saat. Berjuta syukur atas  kasih dan persaudaraan yang diulurkan saudara-saudaraku yang mampu mengerti bahwa diri ini tak sempurna.

 

Aku sadar, ketidaksempurnaan ini bukan darimu, tapi adalah kekurangan yang aku pupuk setiap hari dari tetesan dosa kecil dan besar yang tak henti aku alirkan dalam laju darahku.

Tapi, sungguh Rabb, aku ingin membersihkan darah yang pada awal penciptaan ini Kau alirkan suci. Aku ingin membersihkannya, dengan iman dan ibadahku yang tak sempurna ini. Karena aku tau, bahwa Engkau, Rabb, akan berjalan menjemputku ketika aku merangkak kearahMU. Engkau menyambutku, meski aku datang berlumur segala kotoran yang menjijikkan.

Yaa Rahmaan, sesungguhnya hijrah adalah inginku. Tapi aku tak kuasa aku lakukan jika tanpa ijin dan kuasaMU. Yakinkan hatiku, bahwa aku bisa melakukannya hanya untuk meraih CINTAMU yang tak bertepi.

Esok, ketika hari baru tiba, ijinkan aku menikmati curahan karuniaMU lagi, agar aku semakin sadar bahwa tanpaMU aku adalah semu. Serupa bayang yang mengikuti tuannya tanpa tau tujuan akhir hidupnya. Dan aku tak ingin menjadi semu. Ajari aku mencintaiMU Yaa Rahiim, wahai Tuhan Pemilik Segala Yang Ada di Langit dan di Bumi. Tuntun aku dijalanMU, Yaa Kariim, wahai Rabb pemilik Asmaul Husna yang sempurna.

Esok, Tuhan, ketika Tahun Hijriyah berganti, ijinkan aku yang fakir ini berjalan dibelakangMU, bersama seluruh orang-orang yang taat padaMU dan RasulMU, menuju cahayaMU.

 

Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1432 Hijriyah

Semoga kita benar-benar HIJRAH kepada kebaikan

Tinggalkan Balasan

