Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Ketika Firmware Error pada Ubuntu 10.10

diambil dari sini http://www.mazumam.web.id/

SiS adalah chipset yang luar biasa untuk Linux, khususnya Ubuntu. Jika kita menginstall Ubuntu pada chipset Intel, jarang menemukan kesulitan untuk install hardware-nya. Karena Intel pada Ubuntu akan langsung mengenali hardware-nya di Ubuntu dan sejurus kemudian, taadaa… kita langsung bisa bermain-main di terminal, install sesuka hati bahkan bikin pameran di Compiz-nya. Tapi, jangan harap itu bisa terjadi pada laptop atau komputer yang berchipset SiS.

Dan Axioo tercinta saya, yang memang ber-chipset SiS (thank God!) selalu bermasalah kalau urusannya adalah Upgrade Ubuntu. Seperti kali ini, ketika akhirnya mulai install ulang lagi Ubuntu 2 bulan yang lalu, langsung bermasalah dengan wifi dan monitornya. Berkat bantuan Hengky, Technical Support terhebat di kantor, masalah wifi selesai. Dan setelah mencari tau lewat ahlinya melalui Google, tampilan monitor sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tapi, ketika saya ingin mendownload beberapa aplikasi untuk melengkapi Ubuntu 10.10, Maverick Meerkat saya yang luar biasa ini, terjadi error. Berulang kali saya coba install beberapa program, hasilnya sama. ERROR. Program tak terinstal dengan sempurna. Saya tak langsung mencari tau. Mendiamkannya beberapa saat, sampai akhirnya gemas sendiri.

Dan hari ini, thanks to Uncle Google, saya mencari tau, apa yang terjadi dengan chipset SiS saya. Kenapa setiap kali saya install program selalu muncul pesan error.

dpkg: error processing firmware-b43legacy-installer (--configure):
 subprocess installed post-installation script returned error exit status 1
configured to not write apport reports
                                      Errors were encountered while processing:
 firmware-b43-installer
 firmware-b43legacy-installer
E: Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)

Ok, baiklah. Kali ini harus serius. Saya mulai mencari-cari dan akhirnya sampai disini. Forum yang berisi tentang masalah yang sama. Saya telusuri satu persatu, dan akhirnya ada yang memberikan solusi.

Oke, kita sudah mendownload file-nya dalam bentuk tar.gz. Selanjutnya adalah giliran meng-ekstraknya dan menginstall filenya. Harap maklum kalau kali ini postingnya agak panjang dan membosankan.

  • Login ke root melalui terminal
  • Masuk ke Folder tempat kita mendownload file wget-1.12.tar.gz tadi.
  • Lalu ekstrak file tersebut
    root@weirdaft-N-A:/home/weirdaft/Downloads# tar xvzf wget-1.12.tar.gz
  • Kemudian masuk ke folder wget-1.12
  • Lakukan konfigurasi dengan mengetik
    root@weirdaft-N-A:/home/weirdaft/Downloads# ./configure
  • Kemudian, mulailah menginstall wget tersebut
    root@weirdaft-N-A:/home/weirdaft/Downloads# make install
  • Reboot
  • Coba mulai mendownload program

That’s it. Saya mulai mendownload beberapa program dengan Ubuntu Software Center dan Alhamdulillah berhasil menginstall program tanpa error pada firmware lagi.

Selamat mencoba

WW

2 responses to “Ketika Firmware Error pada Ubuntu 10.10

  1. nich 26 Maret 2011 pukul 1:21 am

    pernah ngalami hal serupa, emang Axioo ini gak se-compliant Dell :p

    selamat yah, sukses troubleshooting-nya🙂

    • weirdaft 26 Maret 2011 pukul 1:30 am

      dari pertama kali cobain ubuntu di Axioo, banyak kali masalahnya. tapi itu pula yg bikin aku banyak belajar. sengaja ditulis disini, biar gak lupa😀
      setelah, berminggu-minggu akhirnya bisa juga
      makasih bang nich🙂

Tinggalkan Balasan

