Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Behind The Story Gathering Nulis Buku

Rabu kemarin (1 Februari lalu), disela-sela emosi yang belakangan ini semakin uncontrolled karena beberapa hal menyangkut klien yang banyak maunya, saya membaca mention dari sebuah publisher yang biasa menerbitkan buku bagi pemula secara gratis. Cukup mengejutkan buat saya, yang memang belum menerbitkan satu buku pun. Hanya sebuah buku antologi dan beberapa buku hasil project.

Sebuah mention dari nulis buku publisher yang meminta NBC Medan (Nulis Buku Club Medan) untuk mengadakan gathering bersama 2 orang penulis best seller. Ollie salah satu founder Nulis Buku dan Ika Natassa, yang juga seorang banker.

Admin @nulisbuku yang pada saat itu bertugas, meminta saya (mewakili NBC Medan) untuk bersama-sama mengadakan gathering pertama di Medan. Yang akan diadakan hari Sabtunya (tanggal 4 Februari). Itu artinya dua hari lagi. Setelah menyanggupi, saya balik lagi baca apa yang baru aja saya tweet. And then, baru sadar kalau dua hari bukan waktu yang singkat. Panik! Itu yang pertama kali. Excited karena NBC Medan diakui, membuat otak saya lambat menganalisa. Selanjutnya mulai menghubungi teman-teman NBC Medan. Cerita dengan panik sesuatu yang sudah saya sanggupi. Dan sayangnya, hanya beberapa yang merespon positif. Selebihnya, ternyata sudah punya acara Sabtu nanti.

But, the shows must go on. Saya harus bertanggung jawab dengan segala konsekuensinya. Dengan apa yang sudah saya sanggupi. Maka, mulailah menghubungi satu per satu kawan-kawan yang memang sudah terbiasa mengadakan event serba mendadak.  Kak Windi yang katanya belakangan sedang hobi nulis flash fiction, kemudian Putra dan akhirnya Nicholas yang merespon dengan baik sekali. Membantu menanyakan beberapa tempat yang bisa digunakan dengan waktu yang singkat. Pengalamannya berkali-kali membuat event di Blogger Sumut, nggak diragukan lagi.

Kerja kilat, judulnya. Cuti mendadak (yang syukurnya di ACC), tempat yang langsung oke walaupun waktunya mepet dan bantuan teman-teman dan social media untuk mempromosikan acara ini. Selanjutnya, menunggu D day dan peserta yang mudah-mudahan ngeh, kalau ada NBC Medan dan gathering nulis buku.

D DAY

Setelah terima telfon dari Mba Ollie yang akan mengisi acara, langsung berangkat menuju New Penang Corner, venue tempat diadakannya Gathering Nulis Buku. Bagaimanapun, sebagai host nggak boleh telat kan ya, biarpun semuanya udah dipersiapkan yang punya venue. Jam 11 lebih sedikit, mba Ollie dan mba Ika Natassa udah muncul. Briefing sebentar, kemudian mulai menunggu peserta.

10 menit, 15 menit, menunggu. Tepat 11.30 peserta mulai datang. 1 orang. Duh, panik mulai datang lagi. Praktis baru 4 orang termasuk saya, Dara, Loraetta dan Tommy. Nggak enaaakkkk banget sama tamu yang jauh-jauh datang untuk sharing ilmu. Tapi, menurut Nich, orang Medan itu emang begini. Dikasih gratis aja banyak yang nolak, apa lagi bayar. Jadi, kalau mau bikin event yang seperti ini ya intinya mesti sabar, nggak jera dan optimis. Maka, dengan peserta yang hanya 12 orang, sepakat dengan mba Ollie dan mba Ika, acara dimulai saja. Dan memang , Alhamdulillah, satu persatu bangku-bangku kosong mulai dipenuhi. Hanya setengah dari target yang diharapkan. Tapi itu juga sudah lebih dari cukup mengingat waktu menjelang pelaksanaan hanya 2 hari. Dan ini adalah event pertama diluar kampus, dimana saya sebagai koordinatornya. Berbekal beberapa kali ikut bergabung di event Blogger Sumut membuat saya mulai terbiasa dengan tenggat waktu yang mepet.

Terima kasih kepada nulisbuku.com atas tantangan dan kesempatannya 😀 juga Nicholas yang membantu mencarikan venue, teman-teman NBC Medan dan peserta yang mau menyediakan waktunya. Ah iya,  pe er yang lain adalah menghidupkan kembali NBC Medan yang sempat vakum. Dan tentu saja, project menulis buku selama 30 hari. Satu lagi, bikin buku sendiri. Semoga.

Iklan

2 responses to “Behind The Story Gathering Nulis Buku

  1. putri utama 8 Februari 2012 pukul 4:57 am

    huuuuu…. nulisbuku gitu deh… dah giliran Putrinya dah merantau ke Indonesia Timur baru ngebuat acara gathering…. Ngiri… nggak bisa nambah ilmu… :((((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: