Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Kejutan!!

Aku suka kejutan. Perasaan yang meluap-luap sesaat setelah kekagetan itu berlangsung membuat semangatku pun ikut meluap. Dan menunggu, apakah lagi kejutan yang hendak disampaikan waktu padaku.

Setiap tahun, khususnya dihari-hari istimewaku, selalu ada kejutan yang mewarnai. Seperti sebuah kebiasaan. Dan aku menjadi hafal pada kejutan demi kejutan yang diberikan. Setiap tahun. Hingga aku merasa bahwa aku menginginkan kejutan lain.

Dan aku mulai merancangnya.

Mulanya dengan mengatakan bahwa aku tau, kejutan apa yang akan diberikan pada teman-temanku pada hari ulang tahunku 3 bulan lagi. Dan mereka mulai berbisik-bisik dibelakangku. Mungkin merencanakan kejutan lain yang belum terpikir olehku.

Mengatakannya juga kepada pacarku, yang belakangan seperti mulai merancang kejutan untukku. Beberapa kali telfon tidak diangkat, bahkan di-reject. Beberapa saat kemudian memelukku mesra, dan meminta maaf tentang telfon yang tidak diangkat. Hmm…kejutan sedang dirancang olehnya.

Dan hari-hariku akhirnya dimulai dengan bisik-bisik rekan kerja. Yang ketika aku bertanya, mereka hanya tersenyum canggung. Aku tau, apa yang kalian bicarakan. Bisik hatiku. Dan kemudian berlalu sambil tersenyum lebar. Ah, mereka memang menyayangiku. Terbukti, persahabatan yang terjalin ditempat kerja ini juga bisa mengikat perasaan kami. Tak hanya sebatas team work saja.

Bisik-bisik semakin berdengung dibelakangku. Ah teman, kejutan itu sebaiknya kalian bisikkan jauh dariku. Seminggu lagi, ulang tahunku. Dan aku masih belum tau, kejutan apa yang mereka rancang untuk meramaikan pertambahan usiaku. Begitupun kekasihku. Semakin dekat hari ulang tahunku, maka semakin sulit dia kuhubungi. Tapi tak apa. Aku tau, dia tak ingin merusak kejutannya untukku. Semoga kejutan kali ini, seperti yang aku harapkan. Sebentuk cincin pertunangan yang akan dia sematkan dijari manisku, tepat pada ulang tahun ke-4 hubungan kami yang tak selalu mulus. Ah, bahagianya jika itu yang benar terjadi.

Akhirnya, hari ini tiba.

Aku mengenakan pakaian terbaikku. Beruntung, kantorku tak mengharuskan karyawannya untuk mengenakan blazer atau pakaian kerja resmi. Maka, jadilah hari ini aku mengenakan gaun hitam terbaikku. Warna favoritku.

Didalam taksi aku menunggu, kejutan apa yang akan terjadi hari ini. Sepanjang jalan aku tersenyum. Pada pohon-pohon tanjung yang daunnya melambai ditiup angin pagi yang bercampur karbon. Pada asap kendaraan yang berwarna hitam-putih. Pada teriakan supir angkot dan jingle roti yang saling bersaing dengan klakson. Pada macet yang hari ini tak menggangguku sama sekali. Akan ada kejutan untukku hari ini.

Dan benar saja. Ketika aku tiba, seisi kantor menyambutku dengan petasan. Hahahaah… ternyata ini kejutannya. Petasan di pintu masuk kantor. Persis kawinan dengan adat betawi yang sering aku lihat di sinetron-sinetron di televisi. Tak itu saja, sebentuk kue tar bergambar wajahku dan lilin sejumlah 35 tahun menghiasi atasnya. Ah, usiaku. Bertambah dan membuatku bahagia karena begitu banyak orang yang menyayangiku. Perayaan berlangsung selama 45 menit. Pimpinan kantor menghadiahiku dengan jabatan baru, sebagai kepala divisi HRD. Ulang tahun yang sempurna. Ah, tapi ada yang belum membuatnya benar-benar sempurna. Berkali aku mencek ponsel-ku. Tapi belum juga ada pesan darinya. Kekasihku. Ah, barangkali dia akan menyempurnakan kejutan hari ini. Tak apa, pulang kantor nanti, aku yang akan langsung menghampiri dia dirumahnya. Aku tersenyum.

Menjelang  waktu pulang, sebuah pesan singkat masuk. Berdebar aku membukanya. Dari dia. Kekasihku. Yang akan memberikan kejutan hari ini. Berjanji untuk menjemputku 10 menit lagi. Tak sabar.

Sepanjang perjalanan berlalu dalam diam. Tapi aku tak berhenti tersenyum. Meyakini bahwa kejutan kali ini benar-benar spesial.

Dan benar saja. Kejutan kali ini benar-benar spesial.

Sebuah cincin melingkar di jari manisnya. Cincin pertunangan. Ikatan perjodohan dari orang tuanya.

“Tapi aku tak suka kejutan ini,” ucapku. Kemudian membuka pintu mobil yang sedang melaju kencang.

Iklan

2 responses to “Kejutan!!

  1. safiianang 27 Maret 2012 pukul 3:13 pm

    Minta alamat emai supaya kita bisa share

  2. littleucrit 4 April 2012 pukul 5:12 am

    aaakkkk. Gila. Endingnya. *bejek2*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: