Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Gelar

Dalam bahasa Karo, gelar berarti nama. Jika ditanya “Ise gelar ndu?”, maka artinya adalah “Siapa namamu?” Dalam bahasa Indonesia, Gelar adalah awalan atau akhiran yang ditambahkan pada nama seseorang untuk menandakan penghormatan, jabatan resmi, atau kualifikasi akademis atau profesional.

Didalam kehidupan sehari-hari, gelar bukanlah sesuatu yang penting. Orang hanya akan mengingat nama kita, bukan gelar kita. Mungkin orang akan bertanya, kita bersekolah dimana, jurusan apa, jenjang apa dan sebagainya. Tapi hanya sebatas itu, sisanya orang hanya akan melihat dimana kita bekerja. Begitu saja.

Tapi tentu saja, tidak disemua tempat orang mengabaikan gelar. Di instansi pendidikan, khususnya untuk para pengajar, ada syarat khusus bahwa guru paling sedikit harus bergelar S1 dan dosen minimal bergelar S2. Maka, ketika itu menjadi syarat mutlak untuk mengajar di instansi pendidikan formal, maka teman-teman saya yang D3 dan menjadi guru, beramai-ramai mulai menempuh pendidikan S1 dan Akta IV. Begitu juga dengan saya, yang hingga hari ini tabungan masih belum juga terkumpul untuk bisa mendaftar di kelas Pasca.

Seharusnya, kompetensi yang memadai cukup untuk menutupi gelar yang pas-pasan. Tapi apa mau dikata, pendidikan kita terkadang lebih mempercayai gelar yang ada dibelakang nama seseorang daripada kompetensi yang dimilikinya. Padahal, belum tentu mereka yang memiliki gelar yang panjang didepan dan dibelakang mereka lebih baik daripada yang tidak memilikinya. Ilmu pengetahuan kan milik semua orang. Jadi, bisa saja ada orang yang tertarik untuk mempelajari suatu ilmu tanpa melalui pendidikan formal. Dan sebenarnya kemampuannya setara dengan orang yang memiliki gelar, bahkan bisa saja melebihi.

Tapi sekali lagi, karena peraturan adalah peraturan, mau tak mau memang harus dipatuhi, atau silakan melangkah pergi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: