Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Perahu Kertas

Akhirnya, setelah launching 16 Agustus kemarin, saya baru hari ini menonton film yang diadaptasi dari novel Dewi Lestari yang berjudul perahu kertas. Tak usahlah kita bandingkan antara keduanya. Jelas, medianya juga sudah berbeda. Dari beberapa film adaptasi novel yang pernah saya tonton, sudah jelas tak bisa disamakan dengan filmya. Jika dibukunya kita bisa berimajinasi dengan sebebasnya menggambarkan kedua tokoh sentral Kugy dan Keenan, maka di filmnya kita disuguhkan pemandangan visual yang bisa jadi berbeda dengan apa yang ada didalam imajinasi kita. Maka, kita nikmati sajalah film yang skenarionya ditulis sendiri oleh Dee.

Saya suka dengan pembuka dan penutup film. Laut dan sebuah perahu. Satu lagi, ketika Remy (bos-nya Kugy) nembak dia di pinggir pantai pas malam tahun baru. Siluet Kugy dan Remy, bulan yang besar dan siluet perahu. Itu angle yang luar biasa. Hanung memang jago untuk urusan yang begini.

Saya bukan kritikus film yang baik, tapi saya sangat menikmati film ini. Jika kalian menikmati buku ini, mungkin kalian juga bisa menikmati filmnya.

Ah iya, selesai film ini dan saya keluar bioskop. Kepala saya pusing. Bukan karena AC-nya yang dingin, tetapi karena setiap kali adegan Kugy dan Keenan, mata saya basah. Entah, yang saya rasa chemistry mereka kuat sekali. Saya seperti bisa merasakan apa yang dirasakan Kugy dan Keenan. Saya seperti bisa merasakan, bagaimana sulitnya mereka menyimpan perasaan yang sepertinya tak mungkin diungkapkan.

Maka dengan mengesampingkan novel Perahu Kertas yang keren itu, saya bisa bilang bahwa film ini yang diisi dengan beberapa cameo orang-orang yang cukup di kenal di negeri ini, juga keren. Sebagai penulis dan penulis skenario, Dee Lestari berhasil menyampaikan adaptasi novelnya di layar lebar. Dan saya tak sabar menunggu film selanjutnya yang katanya juga diadaptasi dari novel Dewi Lestari, Madre dan Rectoverso.

PS : Tak perlu anggap serius, ini bukan review film resmi. Hanya saya ingin menyampaikan bahwa saya suka film ini πŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

