Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Aeki : Sebuah Langkah Awal

Saya punya hutang yang seharusnya saya bayar seminggu yang lalu. Pada Ica. Teman se-komunitas di NBC Medan, tempat kami bersama merangkai banyak sekali mimpi indah dan rencana-rencana yang masih tersandung beberapa hal.

Ini tentang Aeki. Sebuah kata dari bahasa Batak, yang berarti mengairi, berasal dari kata Aek. (Arti dari kata ini langsung saya tanyakan pada pemiliknya. Jadi, kalau salah, ya salahkan sajalah si Ica, ya 😀 ) Ica dan pacarnya yang dia panggil Cian, memilih kata yang mirip bahasa Jepang ini karena punya makna, mereka menjalani apa yang mereka pilih sekarang, seperti air. Mengalir, tak berhenti. Begitu kan, Ca? 😀

Duo pemilik Aeki

Duo pemilik Aeki

Ah iya, dari tadi saya sebut-sebut Aeki, tapi belum menjelaskan Aeki itu apa. Aeki adalah sebuah distro baju yang khusus menjual kaos-kaos dengan design ethnic, khususnya Batak. Tak hanya kaos dengan tulisan-tulisan berbahasa Batak, tapi juga simbol-simbol yang mewakilinya. Kaosnya sendiri terbuat dari bahan cotton combed, yang biasa dijual di distro-distro yang lain. Aeki terletak disalah satu kios disesaknya Pajus Karona yang berada di wilayah Jl. Djamin Ginting, Padang Bulan. Tak susah menemukannya, karena papan namanya sendiri sudah sedemikian mencolok, dan sepertinya Aeki adalah satu-satunya distro yang menjual kaos dengan kata-kata yang jauh lebih sopan daripada distro lain yang menjual kaos dengan tulisan khas Medan, tetapi cenderung kasar.

“Halak Kita!”, “Boru Ni Raja”, “Anak ni among na, hasianni inong na”, seperti itu contoh-contoh kalimat yang tercetak pada kaos Aeki. Kalau ada yang tak mengerti artinya, empunya dengan sabar akan menjelaskan arti dari tiap-tiap kalimat yang tercetak pada kaos-kaos terbitan Aeki. Jadi, kalau kita sedang pakai kaos Aeki, dan ada pertanyaan tentang arti dari kalimat yang tercetak, kita pasti bisa menjelaskannya.

Medan mungkin punya PSMS, durian, bika ambon, bolu meranti, pancake duren, risol gogo dan makanan khas lainnya. Tapi, kalau teman-teman mau membeli sesuatu yang berbeda dari Medan, Aeki adalah pilihan yang tepat. Batak tak melulu kasar, karena Aeki senantiasa menyelipkan pesan-pesan indah pada setiap cetakan kaosnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: