Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Sebuah Lagu Tentang Anak

Waktu kecil, saya akrab dengan lagu-lagu Melayu. Nenek saya (ibu dari Emak) memang keturunan Melayu bermarga O.K. Jadi, Emak yang memang dibesarkan oleh Nenek, juga lebih akrab dengan adat Melayu daripada adat dari marga yang dibawa dari ayahnya, Nasution. Setiap tidur siang, sambil Emak mengerjakan pekerjaan rumah, Emak akan menyetel kaset di mini compo Polytron kami lagu-lagu Melayu. Jadi, sampai hari ini saya cukup familiar dengan lagu-lagu Melayu, meski Ayah saya sendiri bersuku Jawa.

Satu lagu yang sering dinyanyikan Emak dulu, kalau sedang ikut menidurkan kami, tetapi malas menyetel kaset di mini compo. Lagu Melayu yang berjudul Anakku Sazali. Ini adalah lagu tentang kasih sayang seorang ayah pada anaknya yang bernama Sazali. Sesudah saya besar sekarang, baru tau, bahwa lagu itu based on a Malaysian film, P Ramlee.

Dulu, tiap kali Emak mulai menyanyikan lagu itu, sambil mengipas kami dengan selembar koran, saya hanya berpikir bahwa itu benar lagu pengantar tidur. Hanya sebuah lagu tanpa arti yang memang diperuntukkan bagi anak-anak. Tapi sekarang, saya mengerti, bahwa itu lebih dari sekedar lagu. Bahkan, hanya mendengar bait-bait awal, mampu meneteskan air mata. Sungguh, lagu itu menyampaikan begitu dalam perasaan cinta seorang ayah pada anaknya. Betapa seorang ayah berharap, anaknya kelak akan tetap memegang teguh segala nasehat dan kasih sayang yang dicurahkan kepada anak, sedari kecil. Dan ketika menulis ini sambil mendengar lagunya, tetap saja membuat saya menitikkan air mata.

Ibu adalah perempuan paling mulia yang dikirimkan Tuhan kepada kita, dan ayah adalah laki-laki paling tangguh yang pernah kita miliki.

Kelak, mungkin anak saya juga akan sering mendengar lagu ini dari saya :”)

Lirik lagu Anakku Sazali – P. Ramlee

Anakku Sazali dengarlah
Lagu yang ayahanda karangi
Sifatkan laguku hai anak
Sebagai sahabatmu nanti

Anakku Sazali juwita
Laguku jadikan pelita
Penyuluh digelap gulita
Pemandu ke puncak bahagia

Andainya kamilah kembali
Menyahut panggilan Ilahi
Laguku biarlah ganti
Dijiwamu hidup abadi
Dialah temanmu sejati
Menjagamu wahai Sazali

:”)

2 responses to “Sebuah Lagu Tentang Anak

  1. naussea 12 April 2013 pukul 1:42 pm

    aih, masa kanak-kanak yang membahagiakan sekali, hayoo nyanyikan lagu itu untuk saya dong :p

Tinggalkan Balasan

