Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Mahasiswa Kreatif

Kemarin saya baru posting tentang oknum-oknum mahasiswa yang kurang berpikir dengan logika. Jujur, posting yang kemarin itu benar-benar ungkapan kekecewaan saya. Betapa pola pikir beberapa mahasiswa malah semakin mundur, bukannya maju.

Tapi hari ini, usai saya memberi kuliah pengganti di kampus, pendapat saya sedikit berubah hari ini. Tak semua mahasiswa yang pola pikirnya mundur ke belakang. Beberapa ada yang berpikir jauh kedepan dan malah memberi motivasi, tak hanya pada rekan-rekannya, tetapi juga para dosen.

Selesai perkuliahan, saya ke ruang dosen. Karena memang hari ini bukan jadwal saya, jadi saya nggak ketemu teman-teman yang biasa masuk dengan jadwall yang sama dengan saya. Tapi ada yang beda hari ini. Ada beberapa kotak plastik pembungkus terletak di atas meja. Dan ada yang masih berisi kue-kue dengan bentuk yang sama. Penasaran, ada perayaan apa hari ini.

Ternyata, setelah mendengar komentar-komentar dari Pak Mulkan, bukan tentang perayaan. Tapi tentang satu tim mahasiswa yang terdiri dari 3 orang yang baru akan memulai Proyek Kreatif Mahasiswa. Mereka membuat kue yang dikasih judul Getuk Sushi Ayam Sakang, yang terbuat dari ubi (singkong). Bentuknya seperti sushi. Getuk yang diisi suwiran ayam dan daun sop, lalu dibungkus dengan adonan dari tepung roti yang diberi pewarna hijau. Kreatif. Tapi jangan tanya, kenapa namanya itu, karena mereka juga nggak tau 😀

Ide untuk membuat usaha itu ternyata usai mereka mengikuti mata kuliah Kewirausahaan. Tertarik dengan penjelasan dosen pengasuh, mereka lalu berdiskusi dengan sang dosen yang disambut positif. Universitas memang sudah mempunyai lembaga internal yang bernama UKM Center, yang memang ditujukan untuk mahasiswa/alumni yang ingin menjadi wirausaha. Karena tak hanya modal, tapi juga diberikan pelatihan kepada mereka yang berminat berwirausaha. Dan akhirnya muncullah ide lain untuk membuat kue Getuk Sushi Ayam Sakang itu. Dan setelah dicicipi oleh dosen-dosen yang memang masuk hari itu, ternyata memang enak. Rasa getuknya yang dominan tak membuat enek, tapi justru lebih enak, karena ada aroma dari daun sop dan suwiran ayam itu.

Penampakan Getuk Sushi Ayam Sakang

Penampakan Getuk Sushi Ayam Sakang

Saya berharap, Proyek Kreatif mereka ini bisa berlanjut terus dengan dukungan banyak pihak. Termasuk dari anda yang secara kebetulan membaca tulisan ini. Mahasiswa kreatif seperti mereka, kelak akan mampu mencipta lapangan kerja, jika mendapat bantuan dari para investor yang berniat untuk membantu mereka.

Salut untuk mereka yang baru semester 4, laki-laki pula, tapi serius mengaplikasikan mata kuliah yang baru didapat. Dan sang dosen benar-benar berhasil memberikan perkuliahan. Terbukti, dari 1 kelas yang terdiri dari 30 mahasiswa, ada 3 orang yang berhasil mengaplikasikan ilmunya dalam proyek kreatif tersebut. Dan pihak kampus sudah seharusnya mendukung kegiatan kreatif seperti ini. Jadi, mahasiswa memang benar-benar memiliki pola pikir yang maju untuk kebaikan diri dan lingkungannya. Paling tidak, mereka sudah mampu mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk anda yang ingin mencicipi Getuk Sushi Ayam Sakang atau untuk membantu pemodalan mereka, bisa langsung menghubungi Abil di 0853 6250 0845 atau Anto di 0823 6983 7515. Bisa juga langsung ke UKM Center Universitas Panca Budi Medan, Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 4,5 Medan. Saya benar-benar berharap, apa yang mereka lakukan sekarang bisa membawa pengaruh yang lebih baik untuk teman-temannya.

Jadi, siapa bilang jadi mahasiswa harus jadi aktivis (tukang demo) ? Mahasiswa juga harus lebih kreatif untuk membuktikan bahwa mereka tak hanya datang, duduk, diam dan lulus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: