Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Memilih Bahagia

Sama seperti hidup, bahagia itu juga pilihan. Menurut saya. Kalau ada yang nggak sepakat, ya boleh saja. Dumbledore pernah bilang, “Didalam kegelapan pun kau bisa melihat cahaya, jika kau menyalakan lilin.” Kalimat favorit saya dari Harry Potter. Terjemahan bebas menurut saya sih, kalau mau bahagia ya usaha, ciptakan bahagia itu. Bukan dicari.

Bahagia itu tergantung diri kita sendiri. Bukan orang lain. Karena kalau kebahagiaan itu tergantung orang lain, kalau suatu saat orang lain itu pergi, artinya bahagia kita juga ikut pergi. Mau? Kalau saya sih nggak mau. Saya yang harus menentukan apakah saya mau bahagia atau tidak.

Bahagia atau tidaknya kita, bukan tanggung jawab orang lain. Tapi diri sendiri. Jadi, ketika kita memilih orang yang salah karena ingin melupakan mantan, lalu akhirnya malah nggak bahagia, ya itu tanggung jawab diri sendiri. Bukan tanggung jawab si mantan yang memang sudah bahagia dengan orang lain. Hidup itu pilihan, dan bahagia juga begitu. Jadi, ketika kita akhirnya nggak bahagia dengan pilihan yang salah, jangan melimpahkan kesalahan pada orang orang lain, apalagi meminta mantan bertanggung jawab atas ketidakbahagiaan kita.

Maka, sebelum akhirnya mengambil keputusan yang salah, pikirkan baik-baik. Dikaji ulang setiap pilihan-pilihan yang akan kita ambil. Karena kelak, kebahagiaan itu akan tergantung pilihan-pilihan yang kita buat. Kalau sudah telanjur, dan kita memang merasa tidak bahagia dengan pilihan yang sudah dibuat, maka buatlah pilihan-pilihan baru. Sekali lagi, bahagia itu kita yang ciptakan, bukan orang lain. Jadi, tak perlu mencari kebahagiaan diluar diri sendiri.

PS : Lagu Warkop DKI ini memang nggak ada hubungannya dengan posting kali ini. Tapi saya berharap, paling nggak kalo liat video ini bisa bikin kita tersenyum, dan lebih berbahagia😉

2 responses to “Memilih Bahagia

  1. Rini Astuti Handayani 24 Juni 2013 pukul 1:30 pm

    Ah mbak, aku suka banget sama postingan ini..

Tinggalkan Balasan

