Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

#30HariNgeblog : Seandainya Jadi Jurnalis Perang

Hari ke #24 : “Jika saya seorang jurnalis perang, saya ingin liputan dimana?”

Tema kali ini, wah sekali😀 Nggak tau juga siapa yang bikin tema kayak gini. Tapi, berhubung udah berhari-hari hutang posting, maka kali ini harus diselesaikan semuanya. Ganbatte *ikat kepala* *bikin tahu* #eh

Siapapun yang berpikiran lurus didunia ini, pasti nggak ada yang suka perang. Isinya cuma tentang perebutan kekuasaan dan berakhir dengan kesengsaraan rakyat yang justru ingin damai. Cerita seorang kawan yang baru pulang dari misi perdamaian di Sudan Selatan, cukup membuat saya bergidik tiap kali kami saling bercerita dalam sebuah kotak maya. Nyawa manusia tak ada harga sama sekali. Persengketaan kecil selalu berakhir dengan kematian. Keinginan penguasa hanya satu, membagi dua Sudan Selatan dan Sudan Utara. Kenapa? Karena sumber minyak yang ada di Sudan Selatan. Itu informasi yang saya terima dari kawan tersebut.

Dan kalau saya seorang jurnalis perang, disitulah saya ingin melakukan liputan. Perang saudara Sudan yang nyaris luput dari perhatian dunia. Padahal, penderitaan perang juga dirasakan anak-anak disana. Ketakutan demi ketakutan juga mereka alami. Dan saya justru tak ingin meliput tentang sumber minyak yang jadi sebab utama perang saudara itu terjadi. Saya justru ingin meliput tentang dampak perang, yang tak hanya dialami oleh rakyat Sudan, anak-anak Sudan, tapi juga mereka yang harus berada digaris depan, sebagai pasukan perdamaian.

Begitu aja deh. Ngeri kalau cerita soal perang ini

Tinggalkan Balasan

