Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

5th Anniversary

Sore tadi saya terima notifikasi dari WordPress, yang berisi tentang ucapan selamat. Ternyata, sudah 5 tahun ini saya akhirnya betah ngeblog dengan WordPress. Saya sendiri ngeblog udah lumayanlah. Sejak kenal internet, saya mulai memindahkan media curhat, yang tadinya hanya saya tulis di buku harian ke sebuah media blog di ranah maya. Awalnya, ketika saya punya akun di yahoo, saya kenalan juga dengan Friendster yang ternyata menyediakan sebuah fasilitas untuk ngeblog. Maka, sekitar tahun 2005, saya mulai belajar menulis. Dengan cara menulis yang acak adut, saya beranikan diri untuk mem-publish tulisan saya. Awalnya memang hanya untuk diri sendiri. Saya sendiri jarang mempromosikan tulisan saya di blog Friendster waktu itu. Mengingat tulisan yang berantakan itu, saya memang berniat untuk belajar menulis disitu.

Akhirnya, saya kemudian berkenalan dengan berbagai macam blog lagi. Dan membuat akun di blog-blog tersebut. Saya punya akun di blogdrive (yang ternyata akun saya masih ada disitu), multiply (yang sudah tutup), blogdetik (masih ada, tapi ditelantarkan), blogspot dan bahkan sempat mempunyai akun weirdaft.com yang akhirnya ditutup karena lupa bayar 😀 . Tapi tetap, diseluruh platform blog tersebut, saya adalah anonim. Pada saat itu, blog adalah tempat yang tepat bagi saya untuk bersembunyi. Dari apa? Dari diri saya sendiri. Bahkan, saat itu, sebelum saya tau artinya “alter ego”,  saya menganggap bahwa saya ini adalah perempuan dengan kepribadian yang ganda. Saya bebas menumpahkan apa saja yang ada dikepala dan hati saya melalui tulisan-tulisan, makian-makian dan tak seorang pun tau siapa saya. Blog, adalah tempat paling nyaman buat saya untuk bersembunyi, pada waktu itu. Seorang perempuan periang diluar, dan kesepian didalam.

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah akun disini. Di WordPress. Sebelumnya, saya sempat terpikir untuk menjadikan blogdetik sebagai “rumah” tempat saya “pulang”. Tapi, ketika galat terjadi pada sebuah posting, saya memutuskan untuk pindah dari blog yang ber-engine WordPress tersebut. Dan menetap pada “rumah baru” saya, WordPress.

5th Anniversary with WordPress

5th Anniversary with WordPress

Dan ternyata saya betah. 5 tahun sudah, saya menetap disini. Tak berniat untuk pindah, meski WordPress tetap pada keputusannya untuk tak menjadikan WordPress komersil seperti Blogspot.

Anyway, 5  tahun, dan saya harap masih akan terus belajar menulis disini. Di rumah maya saya. Tempat saya akhirnya membuka diri, berhenti bersembunyi.

 

 

Tinggalkan Balasan

