Media dan Vickynisasi

Hari ini saya liat postingan dari seorang kawan di salah satu media sosial terpopuler di Indonesia. Posting status yang menyertakan sebuah link yang menurut saya sangat nggak penting sekali diantara turunnya rupiah dan naiknya elpiji 3 kg.

Tulisannya bikin capek bacanya
Tulisan yang bikin capek bacanya

Yak, ini tentang bahasa aneh yang entah kenapa kok bisa muncul dalam pikiran seorang laki-laki bernama Vicky Prasetyo, yang beberapa waktu lalu, satu keluarga muncul di infotainment gara-gara gagal nikah dengan pedangdut canti Zaskia Gotik. Yang belum tau doi siapa, searching aja deh ya. Banyak kok di google 😀

Lihat aja judul di image diatas. Alusinisasi. Sampe capek nyari di KBBI tetap aja nggak ketemu artinya apaan. Cuma dia yang tau apa arti setiap kata yang dia ucapkan. Jujur, baca artikel di atas saya berasa naik tangga ke lantai 5. Capek, ngos-ngosan.

Tadinya, si Vicky ini memang dikenal karena waktu acara tunangannya dengan Zaskia Gotik diliput media. Nah, pas diinterview, mendadak keluar kata-kata aneh yang di proposal penelitian ilmiah dosen juga kayaknya jarang dipake. Kemudian keluar videonya di youtube. Dan selanjutnya infotainment mulai mem-blow up kenapa dia akhirnya gagal nikah dan berbagai kasus bermunculan. Dan sekarang, jadilah dia seleb kontroversial. Gampang ya jadi terkenal di negeri ini.

Hari ini, saya lihat lagi, di media sebesar Tempo akhirnya juga memberikan panggung ke dia. Suka nggak suka, akhirnya mukanya akan muncul nggak cuma di tivi, tapi juga di portal berita online.

Ketidaksukaan saya nggak cuma karena kemunculannya yang memang mendadak dan kontroversi, tapi juga nggak memberi manfaat. Malah merusak perbendaharaan bahasa Indonesia yang sudah apik ini. Belum lagi kalau media mulai mengutip kalimat-kalimatnya, saya capek bacanya. Gimana coba, kalau akhirnya dia dengan menggunakan bahasa anehnya itu, dijamin saya akan cepat kurus, karena kecapekan tiap baca halaman-halamannya.

 

2 tanggapan untuk “Media dan Vickynisasi”

Tinggalkan komentar

Ruang Kelas

Ruang Belajar untuk kita semua

Wordsmith! | Hidup dari Menulis

Wordsmith! | Hidup dari Menulis

BOOKISH STORY

A BOOK BLOG BY TIARA ORLANDA

tomspice

The Movie Reviewer From Indonesia

Exclusive Ndue

Ocehan, Celoteh, Dan Kicauan Ndue

kirakiragitu

iseng saja, bolehkan?

~Ra

cerita berlagu, lagu bercerita

Pursuing My Dreams

Emak Benjamin Berkebun | Memasak | Cerita dari Jerman

plukz.on.wordpress

not blue and fluffy, also not cute

Siopilos

The Blog Full of GaJe

.:My Silent Scream:.

can you hear it ?

Keep Smiling! Babe

C'est La Vie

Cahaya Bintang

Jika setiap hati adalah cahaya, maka sinarilah setiap tempat dengan hatimu...

Nesiaweek

BLOG OF A NAKED MIND

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.