Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Sudah Cek Gula Darah Anda?

Masih ingat dengan tagline salah satu iklan dari produk pengganti gula ? Minggu lalu, saya akhirnya memberanikan diri untuk cek kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Mengingat pola makan dan pola hidup saya jauh dari sehat.

Salah satu keuntungan bekerja di kantor yang base-nya di rumah sakit adalah, kita bisa melakukan cek langsung ke Laboratorium Patologi Klinik tanpa harus daftar ke Tempat Pendaftaran Pasien. Lalu, siapa nanti yang akan membaca hasilnya ? Itu keuntungan yang lain lagi. Karena saya bertugas mengawasi sistem di bagian Laboratorium Patologi Klinik, saya kenal dengan banyak analis disana, dan bisa minta tolong bacain hasilnya😀

Sebelumnya, saya dan Vera meminta rekomendasi dari Ibu Sondang, salah satu analis disana untuk pemeriksaan yang akan mengecek kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Dan ibu Sondang menyarankan untuk test Lipid Profile untuk mengetahui kolesterol lengkap, termasuk HDL dan LDL-nya, lalu Glukose Puasa untuk cek gula darahnya dan Uric Acid untuk tes asam uratnya. Sehari sebelumnya, kami harus puasa dulu lebih kurang 8 jam sebelum diambil darah. Dan total hanya mengeluarkan uang 97 ribu rupiah saja.

Nah, bagian pengambilan darah ini yang bikin parno. Disuntik itu bagian yang paling tidak saya sukai dari rumah sakit dan sejenisnya. Tapi, pengambilan darah itu adalah satu-satunya cara, maka mau tak mau harus mau juga.

Sekitar 2-3 cc darah saya diambil melalui spuit yang ternyata nggak sesakit yang saya bayangkan. Lengan saya disuntik, lalu darah disedot, kemudian selesai. Kami diminta menunggu hasil yang kemudian akan disimpulkan oleh dokter Patologi Klinik, dan bisa dibaca oleh orang-orang yang mengerti.

Sebenarnya, tanpa harus menunggu hasil print out dari Lab, kami langsung bisa mengecek ke sistemnya😀, tapi biar afdol, pengambilan hasil tetap dilakukan seperti pasien pada umumnya, dan minta tolong dibacakan oleh ibu Sondang.

Dan, inilah hasil cek darah saya minggu lalu

Hasil cek darah

Hasil cek darah

Alhamdulillah, hasilnya baik. Kolesterol, gula darah dan asam urat, semuanya masih dalam batas normal. Alhamdulillah.

Lalu, sudahkah cek gula darah anda ?

Tinggalkan Balasan

