Tentang Kata

hanya sekedar kata-kata

Nugget Tahu 

Saya adalah emak-emak pekerja yang sok ribet setiap pagi. Tapi dengan bayik 2 tahun lebih yang Alhamdulillah nggak bermasalah dengan nafsu makan bikin saya nggak bisa cuek. Jadilah saya tiap pagi harus masak khusus buat Yash. Sesekali saya stok nugget atau sosis di freezer, jadi kalau memang lagi buru-buru agak tertolong. Tapi belakangan saya baca kalau bahan makanan terutama daging olahan berpengawet itu adalah salah satu penyebab kanker, bikin saya mikir-mikir lagi untuk beli dan stok daging olahan pabrik.

Sebagai emak-emak masa kini (((MASA KINI))) yang berkawan akrab dengan Google, saya mencari-cari tau gimana caranya bikin daging olahan yang mudah dan bisa disimpan untuk beberapa waktu.  

Akhirnya bertemulah saya dengan bermacam-macam blog yang memuat banyak sekali berbagai macam resep untuk nugget. Minggu lalu saya berhasil membuat nugget ayam yang tahan disimpan di freezer selama seminggu. Dan minggu ini saya mencoba membuat nugget tahu berdasarkan beberapa resep yang saya modifikasi sedikit. 

Untuk nugget tahu, cara membuatnya seperti ini :

3 buah tahu besar dihaluskan

250 gr udang dibuang kulitnya dan dicincang halus

2 batang wortel diparut

1 batang daun bawang diiris

3 siung bawang merah + 3 siung bawang putih dihaluskan.

4 butir telur ayam

3 sdm tepung terigu

Semua bahan dicampur dan diaduk rata. Kalau sudah tercampur rata semuanya kukus lebih kurang 15-20 menit. Sesudah matang, angkat dan dinginkan. Potong sesuai selera dan gulingkan diatas telur lalu balur dengan dengan tepung panir. Simpan didalam freezer.

Jadi deh nugget tahu ala ala. Lumayanlah buat pemula. Resep aslinya sih pakai ayam, tapi balik lagi ke sesuai selera masing-masing.

Saya sendiri memang jarang masak, kecuali buat makan Yash aja. Kalau buat ayahnya Yash sih sesuai request aja pengen dimasakin apa. Karena masih tinggal bareng ayah saya, soal makan sehari-hari kita dimasakin sama adik saya yang tinggal serumah. Ternyata memasak itu asik juga ya. 

Sekarang sih lagi ngumpulin resep-resep. Biar nanti ketemu ide lagi buat masakin Yash minggu depan. 

    
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: